Cita-cita yang ‘Tersedia’ Saat Kita Kecil

background: four-kids.com

background: four-kids.com

“Chila mau jadi apa?”
“Chila mau jadi dokter, biar bisa cembuh cembuhin temen Chila yang sakit.”

Kalo inget jaman-jaman masih kecil kayaknya bahagia banget ya.
Kita nggak pernah mikirin yang macem-macem. Kerjaannya cuma main setiap hari. Bahkan sekolah (PG/TK) pun isinya seneng-seneng mulu.

Nah, pertanyaan yang lumayan sering dilontarkan oleh orang-orang di sekitar kita pas masih kecil adalah “Cita-citanya mau jadi apa?”.

Dulu kita ngejawab cita-cita kita dengan lantang dan semangat. Tapi semakin gede, semakin ragu buat jawab. Karena banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari biaya, syarat yang gak terpenuhi, “sanggup gak?”, “bisa menjamin masa depan gak?”,  sampe yang cita-citanya dianggap gak serius dan gak realistis. Apalagi, dulu variasi cita-cita itu dikit banget, jadi nggak bingung milihnya.

Berikut ini adalah beberapa diantaranya yang paling umum:

1. Dokter
Cita-cita yang paling umum sepertinya.
Enak banget ya mereka bilang “Mau jadi dokter”. Mereka gak mikirin ketatnya masuk FK yang berkualitas, biayanya, dan lain-lain. Palingan yang mereka tau, dokter itu tukang nyuntikin orang.

2. Polisi/Tentara
Ternyata naluri cowok buat jadi macho udah muncul sejak kecil.
Mereka berpikir jadi polisi/tentara itu kerjaannya main tembak-tembakan kali ya.. Dan tembak-tembakannya cuma pake air.

Enggak dek, ini pake peluru sungguhan.

DORR!!

(PLIS, ABAIKAN YANG BARUSAN)

3. Guru
Lumayan realistis sih yang ini.
Mungkin mereka terinspirasi dari guru-guru mereka, atau karena sekarang udah ada sertifikasi guru.

4. Insinyur
Biasanya kalo di buku-buku, insinyur digambarkan dengan seseorang yang pake topi warna kuning dan bawa palu.

Ini insinyur apa kuli?!

5. Astronot
Naik roket, pergi ke bulan, jalan-jalan ke luar angkasa, trus ketemu alien, jadian dan terjadi perkawinan silang. Mungkin itu yang mereka pikirin tentang astronot.

Mereka nggak tau kalo mau jadi astronot itu susah, dan di luar angkasa makanannya bentuknya cair semua gitu. Nggak ada bakso, nasi goreng, lalapan..
“Hasil BAB” kalian juga bakal terbang-terbang gitu. Serem gak sih..

6. Pilot/Masinis
Lumayan keren ini cita-citanya,
tapi alesannya: “enak bisa pergi kemana-mana!”

Duh, dek.. temenan sama Doraemon aja kalo pingin bisa pergi kemana-mana.

***

Kurang lebih gitu deh masa kecil kita dulu. Masih nggak ada yang kepikiran jadi politisi, marketing, desainer grafis, hakim, akuntan, dan lain-lain.

Cita-cita gue dulu sih dokter (gue gak tau kenapa). Kalo elo? 😀
Atau mungkin ada yang waktu kecil cita-citanya anti-mainstream? 😀

Advertisements

Tagged:

21 thoughts on “Cita-cita yang ‘Tersedia’ Saat Kita Kecil

  1. Firdausa Yuni Rachmawati December 8, 2013 at 8:22 AM Reply

    Kalo dulu gue dengan gagahnya bilang cita-cita gue jadi dokter, pas SMA sempet kepikiran pengen jadi akuntan, ekonom :3

    • nisedogawa December 8, 2013 at 8:41 AM Reply

      gue sampe sekarang belum nentuin cita-cita…… 😦

  2. Fadhli A. Zaky (@fadhlizaky) December 8, 2013 at 11:41 AM Reply

    Iya sih, nggak adil dunia ini. Dulu pas masih kecil pengen jadi pilot, udah gede kecewa gara2 jadi pilot mata nggak boleh minus.

    • nisedogawa December 8, 2013 at 2:57 PM Reply

      masa kecil sih pokoknya “pingin” aja. nggak memperhitungkan apapun. 😀

  3. arip December 8, 2013 at 12:48 PM Reply

    Pas kecil paling sebel kalau udah ketemu sesi tanya-tanya cita-cita ini. Soalnya bingung mau jadi apa dulu.

    • nisedogawa December 8, 2013 at 1:31 PM Reply

      gue malah sebaliknya, waktu kecil oke banget jawab “mau jadi dokter”.
      makin gede, makin tambah banyak pilihan cita-cita, makin banyak syarat, makin bingung..

  4. kevin santoso December 8, 2013 at 1:53 PM Reply

    jadi dokter emang cita cita paling mainstream tuh. gue pengen jadi dokter dulu, sampe sadar kalo gue mual liat darah gue ganti cita cita hahah
    http://catatankiting.blogspot.com/

    • nisedogawa December 8, 2013 at 1:55 PM Reply

      HAHAHA sama.
      tapi emang banyak orang tua yang pingin anaknya jadi dokter, jadi diarahin buat bercita-cita dokter sejak kecil. 😀

  5. adis December 8, 2013 at 2:18 PM Reply

    dulu pernah pengen jadi astronot, pernah juga pengen jadi insinyur.. hehe

    • nisedogawa December 8, 2013 at 2:56 PM Reply

      sekarang masih tetep nggak cita-citanya? 😀

  6. pandusatrioo December 8, 2013 at 5:37 PM Reply

    cita-cita gue dulu sama yang terjadi sekarang emang beda bingit! tapi apalah daya, maju terus pantang mundur!

  7. Rahmat Hidayat December 8, 2013 at 10:46 PM Reply

    Waktu kecil gue mau banget jadi superman. Biar bisa terbang dan menolong banyak orang. Pas udah gede gini, ternyata mereka gak ada. Hihhhh.

    • nisedogawa December 9, 2013 at 6:26 PM Reply

      wakakaka bikin ngakak bro cita-citanya 😀

  8. Tania December 9, 2013 at 2:48 AM Reply

    Cita-citaku dulu adalah seorang seniman B) *termasuk anti-mainstream nggak nih?*

    • nisedogawa December 9, 2013 at 6:22 PM Reply

      lumayan anti-mainstream lah. 😀
      btw seniman kan banyak, seniman apa nih maunya? 😀

  9. M Fajar Saputra December 9, 2013 at 7:21 AM Reply

    Hahaha, namanya msh TK bro, ngomongnya masih ” Ceplas – ceplos “, ga ada beban, sekarang kan udah beda, hehe

    • nisedogawa December 9, 2013 at 6:21 PM Reply

      harusnya sampe gede sih “mimpi”nya msih bisa dilanjutkan.
      mimpi adalah awal dari sebuah kesuksesan kan.. 😀

  10. Aditiya Zamrud Anggar Kasih December 22, 2013 at 4:04 PM Reply

    Gue dari kecil emang pengen jadi Insinyur 😀

  11. Zulfa Nurul January 10, 2014 at 9:11 PM Reply

    Alhamdulillah dari dulu sampe sekarang cita2nya tetep sama, jadi guru. Tapi gatau mau jadi guru apa 😀

    • nisrinaarrifda January 11, 2014 at 7:11 PM Reply

      wiih, awet 😀
      jangankan dari gue kecil, sebulan lalu aja cita-cita gue udah beda 😐

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: