Kampung Fiksi: Do the WRITE things, WRITE away!

Ulang Tahun Ke-3 Kampung Fiksi Bertabur Hadiah!

Ulang Tahun Ke-3 Kampung Fiksi Bertabur Hadiah!

Apa yang terlintas dalam benak kalian ketika mendengar frase “Kampung Fiksi”?

Apakah sebuah pemukiman yang dihuni oleh orang-orang yang berprofesi sebagai penulis fiksi, ataukah terbayang sebuah perkampungan yang hanya khayalan belaka?

Bukan, bukan. Kampung Fiksi (KF) adalah sebuah komunitas yang terdiri atas orang-orang yang memiliki hobi menulis, terutama menulis cerita fiksi. Kampung Fiksi didirikan pada tanggal 1 Februari 2011, dan pada tahun ketiga ini, mereka bisa tetap eksis bahkan makin meluas!

Kampung Fiksi bukan sekedar komunitas yang mempertemukan orang-orang dengan hobi yang sama. Admin-admin KF rutin memberikan tips-tips serta motivasi untuk menulis. Selain itu, KF juga menyediakan berbagai pelayanan untuk kita, calon penulis-penulis hebat. Diantaranya adalah:

  1. Copy Editing
    KF akan melakukan koreksi terhadap naskah kalian, mulai dari pengecekan typo/salah ketik, mengoreksi susunan kalimat, pemilihan diksi, dan ejaan. Syaratnya, naskah harus ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta sesuai dengan EYD.
    Buat yang waktu pelajaran Bahasa Indonesia sering ketiduran, wajib banget ikutan layanan ini! Biar naskah kamu makin menarik dan nggak ada kesalahan fatal.
  2. Developmental Editing dan/atau Substantive Editing
    Pelayanan pengembangan ide dan konsep (Developmental) dan Pelayanan edit konten (Substantive) sesuai dengan perjanjian & kesepakatan antara Kampung Fiksi dan klien.
    Buat yang sering mampet ide waktu menulis, boleh banget!
  3. Kelas Online Menulis Fiksi
    Dengan mengikuti kelas online KF, kamu akan dibimbing untuk menulis dengan baik. Tentu saja setelah mengikuti kelas ini, kamu akan memahami teknik dasar menyusun novel dari awal hingga selesai. Keren, kan? Makanya, buruan ikut! Info lengkap bisa dilihat di sini.
  4. Membantu kamu untuk mengurus ISBN
    ISBN atau International Standard Book Number adalah nomor yang diberikan untuk sebuah judul buku. Langkah-langkah pengajuan ISBN itu cukup rumit, lho. Tenang, KF menyediakan jasa untuk membantu kalian mangurus ISBN!

Eits, di KF, kalian nggak hanya dijejali teori aja, lho. KF juga mengadakan kegiatan-kegiatan yang memacu kalian untuk terus mengasah kreatifitas dan bakat dalam menulis. Misalnya adalah kegiatan remake/rewrite cerpen yang bisa kamu baca di sini.

So, buat kalian yang bercita-cita menjadi penulis hebat, silakan bergabung bersama Kampung Fiksi! Tunjukkan kreatifitas dan asah bakatmu di sini! 😉

Maju terus, KampungFiksi!

***

“Ikut memeriahkan ultah Kampung Fiksi yang ke-3 bersama Smartfren, Mizan, Bentang Pustaka, Stiletto Book dan Loveable.”

Leave a comment